Informasi Terbaru Tentang Harga Quadcopter

Posted on Drone

Pesawat tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan nama drone dapat dioperasikan dari jarak jauh. Drone pertama kali dikenalkan pada dunia militer untuk difungsikan sebagai alat pengintai musuh. Karena dapat dikendalikan dari jarak jauh, maka kegiatan memata-matai musuh yang terdapat di daerah konflik akan sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Namun kini semakin berkembangnya era komunikasi dan informasi, maka drone tak hanya berfungsi di dunia militer saja. Saat ini telah berkembang jenis drone non militer yang dapat dioperasikan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar sekolah hingga orang dewasa yang profesional. Semakin banyak orang yang ingin memiliki drone ini, maka akan kami sajikan info terkait harga quadcopter sebagai salah satu jenis drone.

Harga Quadcopter: Fungsi Drone

Drone sendiri merupakan jenis robot yang sedang berkembang saat ini. Robot ini adalah robot terbang yang dikenal sebagai pesawat tanpa awak karena dapat diterbangkan dari jarak jauh, atau dapat disebut juga UAV (Unmanned Aerial Vehicle). Di dunia militer, pesawat tanpa awak ini dimanfaatkan untuk misi pencarian dan penyelamatan. Namun kini, drone juga digunakan untuk keperluan jurnalistik maupun fotografi. Hal ini dikarenakan drone dapat digunakan untuk mengambil gambar, merekam video, maupun pengumpulan data lainnya. Seiring perkembangan teknologi saat ini, drone juga dapat dikembangkan oleh orang yang memiliki keahlian khusus. Baik dari segi fungsi, kegunaan, dan cara pengendaliannya.

Mengenal Quadcopter dan Harga Quadcopter

Harga QuadcopterRobot UAV (Unmanned Aerial Vehicle) ini tergolong ke dalam kategori UAV micro. Pesawat tanpa awak ini dimanfaatkan oleh beberapa lembaga maupun instansi. Quadcopter ini merupakan salah satu jenis drone yang paling populer. Ciri khas yang dimiliki quadcopter ini adalah adanya empat buah baling-baling motor yang berperan untuk menggerakkan jenis drone tersebut, sehingga salah satu jenis drone ini disebut juga multicopter. Baling-baling motor terdapat di bagian sisi kiri dan kanan. Kemudahan dalam bermanuver akan didapatkan oleh quadcopter dengan adanya empat baling-baling tersebut. Dengan demikian quadcopter akan dapat berpindah ke segala arah. Kemampuan bermanuver ini menjadi salah satu keunggulan quadcopter.

Informasi terkait harga quadcopter sebagai salah satu jenis drone yang populer sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin memilikinya. Keunggulan lain yang dimiliki quadcopter adalah adanya kelengkapan berbagai macam sensor di dalamnya, antara lain adalah sensor Global Positioning System (GPS). Sensor ini berfungsi untuk melakukan navigasi. Kemudian terdapat juga sensor Inertial Measurement Unit (IMU) dengan fungsi untuk menghitung percepatan dan orientasi arah pergerakan pesawat. Lalu, sensor ultra sonic yang dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda dan sensor-sensor lainnya. Dengan adanya beberapa sensor ini, maka fungsi dan kinerja quadcopter dapat didukung dan disokong. Keberadaan sensor ini menjadikan quadcore menjadi pusat perhatian para peneliti dan terdapat kemungkinan besar kecanggihan sensor-sensor ini dapat berkembang. Pelacakan dan pendeteksian suatu objek juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan kepekaan sensor-sensor kamera drone atau quadcopter. Bahkan formasi dapat dibentuk oleh quadcopter untuk mengeksplorasi suatu ruangan.

Aspek yang menjadi keunggulan quadcopter juga dapat dilihat dari ukuran baling-balingnya. Ukuran baling-baling yang cukup kecil, menjadikan quadcopter aman digunakan untuk melakukan pekerjaan yang menuntutnya berada pada jarak yang cukup dekat dengan objek sasaran. Desain quadcopter juga menjadi aspek yang menarik, karena meskipun hadir dengan desain yang sederhana namun kapasitas daya tampungnya cukup baik. Dengan demikian, quadcopter dapat membawa kamera dengan bobot tertentu untuk melakukan liputan suatu peristiwa ataupun mengabadikan suatu objek dari udara dengan ketinggian tertentu.

Kemampuan Quadcopter

Selain ukuran baling-baling yang kecil, ukuran body quadcopter pun sangat mendukung untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti untuk dapat bergerak di area-area tertentu yang berukuran sempit. Dalam area yang terbatas tersebut, quadcopter tetap dapat bergerak secara leluasa. Robot pesawat tanpa awak ini juga dapat terbang secara vertikal. Dengan demikian, landasan pacu tidak diperlukan untuk penerbangan quadcopter ini. Keempat baling-baling sebagai motor penggeraknya membuat quadcopter dapat bermanuver secara bebas. Keleluasaan quadcopter dalam bermanuver dapat dibuktikan dengan kemampuannya dalam bergerak ke delapan arah mata angin tanpa perlu memutar badan terlebih dahulu. Kemampuan bermanuver ini tentu lebih unggul jika dibandingkan dengan kendaraan udara bersayap. Hal ini dikarenakan ruang gerak yang dibutuhkan dalam melakukan take off ataupun melakukan pergantian arah lebih sedikit.

Prinsip Kerja Quadcopter

Keempat baling-baling yang ada pada quadcopter dipasang dengan posisi tegak lurus terhadap bidang datar. Daya angkat yang dihasilkan oleh rotor yaitu baling-baling beserta motor penggeraknya, sebesar lebih dari seperempat berat keseluruhan quadcopter membuat quadcopter dapat diterbangkan. Daya angkat sebesar itu juga dihasilkan karena jarak antara tiap rotor (baling-baling beserta motor penggeraknya) terhadap pusat massa pesawat tanpa awak ini memiliki jarak yang sama. Kekuatan motor dan berat quadcopter akan menentukan kecepatan terbang quadcopter, yaitu sekitar 9 m/s. Momen putar pada body dapat dihindari dengan membedakan arah putar pada masing-masing rotornya. Sehingga terdapat 2 rotor yang bergerak searah jarum jam (CW) dan 2 rotor yang bergerak pada arah sebaliknya yaitu berlawanan arah jarum jam (CCW).

Gerakan Dasar Quadcopter

Quadcopter sering melakukan konfigurasi dalam bentuk X-quadcopter. Kecepatan putar pada masing-masing quadcopter adalah sama ketika quadcopter sedang terbang dan melayang di udara (hovering). Kemudian pada saat quadcopter membuat gerakan maju, 2 buah baling-baling atau propeller yang berada di belakang akan berputar lebih cepat . Dengan demikian sehingga body quadcopter akan miring ke depan. Empat propeller akan menghasilkan gaya dorong yang mempunyai komponen gaya ke atas dan ke depan. Dengan adanya gaya dorong ini, quadcopter akan terdorong ke arah depan, disamping itu quadcopter juga mempertahankan ketinggiannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gerakan pesawat yang dipengaruhi oleh kecepatan propeller.

Quadcopter merupakan salah satu jenis drone. Robot ini adalah drone dengan kategori multicopter drone. Jenis drone yang tergolong ke dalam multicopter ini dikenal kuat, lebih stabil, dengan daya angkut yang lebih kuat. Sehingga akan lebih aman apabila menggunakan drone jenis ini untuk mengangkut benda seperti kamera. Ada beberapa macam drone multicopter. Jenis drone tersebut dibedakan atas jumlah baling-baling yang dimiliki.

Quadcopter merupakan jenis multidrone yang memiliki 4 baling-baling. Meskipun jenis multicopter drone ini dikenal lebih tangguh daripada jenis lainnya, namun terdapat kekurangan yang dimiliki. Kekurangan tersebut diantaranya kemampuan terbang quadcopter hanya dapat berlangsung dalam jangka waktu pendek apabila dibandingkan dengan robot pesawat terbang tanpa awak jenis lainnya. Penyebab waktu terbang yang terbatas ini adalah karena quadcopter hanya menggunakan tenaga elektrik untuk bergerak dan kapasitas baterai yang digunakan pun terbatas. Kapasitas bawaan, kecepatan terbang, dan jarak tempuh quadcore secara tidak langsung akan dipengaruhi oleh jangka waktu yang pendek tersebut. Sehingga secara otomatis, kinerja quadcopter juga dipengaruhi oleh hal tersebut.

Memang untuk memiliki robot pesawat tanpa awak berteknologi canggih ini Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya jenis drone tertentu dengan spesifikasi yang sangat mumpuni dibandrol dengan harga belasan juta. Harga ini tentu akan diimbangi dengan keunggulan-keunggulan yang ditawarkan. Selain itu kemudahan pekerjaan juga dapat Anda nikmati dengan adanya drone ini. Hobi fotografi pun makin asyik karena jangkauan Anda untuk mendapatkan gambaran objek yang diminati akan semakin luas. Objek-objek yang berada pada daerah yang jauh dijangkau dapat Anda dapatkan dengan menggunakan drone ini.

Namun kecanggihan drone multicopter ini tetap dapat menutupi kelemahan-kelemahan yang dimilikinya. Anda dapat memiliki model drone quadcopter ini dalam beberapa model. Misalnya saja Syma RC Quadcopter X8G. Keunggulan salah satu jenis quadcopter ini adalah adanya kamera 5 megapiksel yang cukup bisa diandalkan untuk dipakai memotret ataupun merekam video. Kualitas video yang dihasilkan dapat mencapai 1080p. Selain itu Syma X8G juga dilengkapi dengan sistem control penerbangan 6 axis yang menjamin kestabilannya saat terbang. Adanya headless mode, membuat Anda tak perlu repot untuk memastikan posisi drone tepat bagian depan ataupun belakang, dan bisa berfokus pada arah kemudi drone saja. Harga quadcopter ini dikenal cukup terjangkau. Harga Syma X8G ini dapat dibeli pada kisaran harga Rp2.100.000,00.

Harga Quadcopter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *