Harga dan Spesifikasi Lengkap DJI Ronin-M Gimbal Stabilizer

Posted on Drone

Dewasa ini teknologi memang semakin berkembang pesat, berkembangnya teknologi inipun meliputi banyak bidang bahkan dapat dikatakan semua aspek kehidupan mengalami perbaikan teknologi yang mana akan semakin mempermudah pekerjaan manusia. Di dunia fotografi atau pun filmografi juga terjadi pembaruan teknologi, teknologi ini sudah sangat hangat diperbincangkan di negara lain namun mungkin di Indonesia belum sepopuler di negara lain. Teknologi baru itu tak lain adalah gimbal stabilizer, bagi anda yang belum tahu gimbal stabilizer ini merupakan alat yang digunakan untuk meletakkan kamera sehingga ketika anda mengambil gambar ataupun video dalam posisi bergerak anda akan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

Apabila anda senang membuat short film atau film dokumentasi lainnya mungkin alat ini akan sangat membantu anda dalam proses pengambilan gambar. Bila anda tertarik untuk menjajal gimbal stablilizer salah satu gimbal stabillizer yang dapat anda lirik adalah DJI Ronin-M. Bila anda masih ragu akan spesifikasinya, berikut akan kami bahas lengkap dengan harganya.

DJI sendiri merupakan pabrik asal China yang sudah mengeluarkan beberapa drone dan gimbal tools lain seperti contohnya stabilizer ini. Gimbal stabilizer DJI Ronin-M ini cukup gahar bila dibandingkan dengan saudaranya yaitu DJI Ronin yang lebih dulu mengudara. Dari segi berat dan ukuran, stabilizer ini memiliki ukuran yang lebih praktis. Dengan berat total yang hanya 2.3 kg dan ukuran yang tidak terlalu besar dapat memperingkas bawaan anda ketika anda harus melakukan shoot dengan menempuh jarak yang jauh. Dan lagi stabilizer ini cukup kuat karena dapat menampung kamera dengan berat maksimal 3.6 kg.

Selain itu, stabilizer ini memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dengan ukuran yang lebih lebar seperti halnya ketika mengambil gambar untuk keperluan film layar lebar. Stabilizer tipe ini juga didukung oleh 3 axis gimbal yang akan membuat gambar yang anda ambil tidak blur ataupun goyang meskipun diambil dalam keadaan yang tidak stabil atau keadaan bergerak sekalipun. Stabilizer ini juga dibekali dengan teknologi smooth track control yang mana teknologi ini dapat membuat guncangan yang terjadi saat pengambilan menjadi lebih minimal. Bagaimanapun pergerakan yang anda buat hasilnya akan tetap stabil dan apik. Nah bagi anda yang senang bermain dengan angle pada gambar, stabilizer ini akan sangat cocok bagi anda. Karena stabilizer ini memiliki tiga pilihan mode pengoperasian yang dapat anda pilih tanpa perlu mengubah pengaturan atau menggunakan alat lain.

Yang pertama adalah Underslung Mode, mode ini adalah mode default dari stabilizer ini yang mana letak kedua tuas berada di atas kamera. Mode yang satu ini sangat dianjurkan untuk pengambilan gambar yang berbasis Ground. Mode yang kedua adalah Upright Mode yang mana mode ini akan membuat letak kamera sejajar dengan arah pandang mata anda. Mode Upright ini akan sangat cocok anda gunakan ketika anda memerlukan angle gambar tepat dengan arah pandang atau di atasnya. Yang terakhir adalah Briefcase Mode, mode ini menempatkan kamera berada diantara dua tuas pegangan, nah anda dapat menggunakan mode briefcase ini ketika anda mengambil gambar di lokasi yang tidak terlalu lapang karena briefcase mode ini dapat memperingkas bentuk stabilizer ini sendiri.

Stabilizer ini dirancang untuk mengambil gambar dengan berbagai keadaan sehingga mempunyai beberapa metode pengoperasian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, selain itu stabilizer ini juga didukung dengan kerangka yang terbuat dari magnesium yang tentu saja memiliki daya tahan yang luar biasa kuat dan keras. Berpindah dari sektor luar, stabilizer ini juga telah dilengkapi dengan baterai yang mempunyai daya lumayan besar. Baterai ini sanggup menemani sesi pengambilan gambar anda selama kurang lebih 3 jam, setelah 3 jam penggunaan anda bisa kembali mengisi dayanya namun anda juga dapat menggantinya dengan baterai yang masih memiliki daya karena baterainya bersifat replaceable. Namun bila anda tidak memiliki cadangan baterai anda hanya perlu merecharge kembali daya baterai. Dengan ukuran compact dan mempunyai daya hidup baterai yang cukup lama jelas hal ini membuat nilai plus tersendiri.

Fitur lain yang disematkan pada produk ini adalah mesin yang powerful dengan kemampuannya mengurangi getaran dan menaikkan tenaga putaran. Hal ini juga semakin dikuatkan dengan adanya Digital Absolute Positioning Encoders di setiap axis. Pada stabilizer ini juga terdapat Silent Mode, mode ini merupakan mode yang dapat anda terapkan ketika anda mengambil gambar di ruangan tertutup atau ruangan sempit karena Silent Mode ini dapat mengurangi suara disetiap mesin hingga level yang terendah atau dengan kata lain hingga tak terdengar suaranya. Kemudian selanjutnya stabilizer ini mempunyai remote control yang dapat digunakan untuk mengambil gambar tanpa perlu memegang stabilizer itu sendiri, namun stabilizer itu tetap berpindah sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu stabilizer ini dapat digunakan dengan dipadukan dengan alat yang lain seperti tripod, jib, crane atau yang lainnya karena pada dasarnya stabilizer ini mempunyai quick-release system. Yang tak kalah pentingnya, stabilizer ini dapat anda kontrol dengan hanya menggunakan DJI Assistant app. Aplikasi ini dapat terhubung dengan stabilizer anda sehingga anda dapat dengan mudah mengatur Bluetooh, Auto Tune, mengatur pengaturan sesuai kehendak anda dan memonitor status dari stabilizer anda dengan satu langkah mudah.

Harga DJI Ronin-M Gimbal Stabilizer

Jadi DJI Ronin-M ini telah dibekali dengan berbagai fitur yang tentunya akan memudahkan anda untuk mengoperasikannya. Berbicara masalah harga, gimbal stabilizer keluaran DJI yaitu Ronin-M ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 19.600.000,00. Memang terlihat mahal, namun bila dibandingkan dengan berbagai merek gimbal stabilizer lain maka harga tersebut belum ada apa-apanya. Ditambah dengan berbagai keunggulan dan fitur yang ditawarkan, DJI dapat dikatakan memberikan harga yang sangat murah. Dengan segudang kelebihan yang dimiliki oleh stabilizer ini rasanya tidak mungkin bila stabilizer ini akan dijual dengan harga yang lebih murah.

Dari ulasan tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa stabilizer ini memiliki beberapa keunggulan, yang pertama stabilizer ini dibuat dari material berkualitas yang kuat, memiliki beberapa mode pengoperasian dengan ukuran yang relatif praktis untuk dibawa-bawa, memiliki baterai dengan daya tahan yang relatif lama dan replaceable, memiliki silent mode, dapat dioperasikan dengan remote control, bisa diatur dengan satu langkah mudah melalui iPhone dan Windows dan yang terpenting dapat membuat hasil foto ataupun video tetap maksimal walaupun diambil dengan kondisi yang tidak stabil.

DJI Ronin-M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *