Apa Itu Drone? Pengertian Drone dan Fungsi Kegunaan Drone

Melihat banyak anak muda yang saat ini sedang asik menggunakan alat yang disebut sebagai drone, mungkin masih ada beberapa yang merasa asing dengan benda tersebut dan mulai bertanya tanya mengenai apa itu drone, apakah fungsinya, dan bagaimanakah cara untuk menggunakannya. Alat canggih yang satu ini telah banyak digunakan untuk dapat mengerjakan berbagai macam keperluan penggunanya. Awalnya alat ini hanyalah fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh pihak militer dan juga pemerintahan saja. Namun, saat ini siapapun dapat memanfaatkan alat tersebut. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai teknologi drone maka langsung saja simak ulasan yang ada di bawah ini.

Pengertian Drone

Secara umum, drone merupakan salah satu teknologi canggih yang berupa kendaraan udara. Bentuknya tersebut menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot. Jika pesawat terbang di kendarai oleh pilot yang berada di dalam kabin maka drone ini memiliki pilot yang tetap tinggal di daratan dan hanya memanfaatkan fasilitas seperti remote control untuk dapat mengontrol terbang drone di udara. Oleh sebab itu banyak anggota militer yang memanfaatkan alat canggih ini untuk dapat menyelesaikan berbagai macam misi yang mempunyai resikot tinggi untuk pesawat yang dikendarai oleh pilot.

Meski drone ini pada awalnya hanya di pergunakan oleh anggota militer saja, namun rupanya di masa yang serba canggih ini, drone telah banyak digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Badan pemerintahan juga memanfaatkan drone untuk dapat menghubungkan intelejen dengan pertanahan. Namun saat ini untuk masyarakat awam sekalipun juga dapat menggunakan alat canggih tersebut. Jika anda sudah tidak asing lagi dengan apa itu drone maka anda juga harus tahu bahwa drone terbagi dalam beberapa jenis dan yang paling utama adalah drone khusus untuk militer dan khusus untuk komersial.

Drone khusus untuk militer tersebut merupakan jenis drone yang hanya dapat digunakan oleh pihak militer saja atau dapat juga digunakan oleh badan pemerintahan sedangkan drone komersial biasanya dipasarkan di beberapa toko secara meluas dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat umum. Tidak hanya dibedakan berdasarkan tata penggunaannya saja, drone juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Jadi fungsi drone itu sendiri memang sangat banyak dan perlu untuk anda ketahui seluruhnya agar tidak salah dalam mengartikan drone tersebut. Tidak hanya itu saja rupanya hal yang perlu untuk anda ketahui juga adalah spesifikasi drone, sebab alat canggih ini hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran.

Untuk ukuran drone khusus militer atau badan pemerintah biasanya berukuran lebih besar dan bahkan dilengkapi dengan adanya persenjataan guna mempertahankan drone tersebut dari serangan bahaya. Tentunya sangat berbeda dengan ukuran drone komersial yang dibuat lebih kecil dan ringan yang jika di bayangkan hanya seluas telapak tangan usia dewasa saja. Kemudian anda juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis drone yang dapat di operasikan hanya dengan memanfaatkan tenaga surya saja yang dijadikan sebagai sumber tenaganya untuk terbang. Kemudian untuk jenis drone pada umumnya menggunakan baterai yang apabila isi dayanya habis harus segera diisi atau di charger. Namun biasanya ada juga beberapa drone yang menyediakan baterai ekstra agar drone dapat terbang lebih lama lagi.

Fungsi Kegunaan Drone

apa itu droneOrang-orang militer menggunakan drone untuk dapat melakukan berbagai macam aktifitas intelejen yaitu dapat memonitor seluruh bagian wilayah yang sangat berbahaya. Kemudian badan pemerintah biasanya menggunakan drone untuk dapat melakukan pemetaan menggunakan jalur udara. Drone ini sangat berperan penting untuk melakukan penelitian terhadap monitor arah angin. Drone juga dapat digunakan untuk membawa atau mengantarkan barang sebab perusahaan di Amerika Serikat telah melengkapi fasilitas pengiriman badang pada alat canggih tersebut. Dengan mengetahui beberapa fungsi dari alat canggih ini seperti yang telah di sebutkan di atas tentunya membuat anda yang sebelumnya kurang begitu mengerti dengan apa itu drone dan apa saja keunggulan drone menjadi lebih paham dan mengerti apakah kegunaan dari drone tersebut.

Tentunya sebelumnya sudah anda ketahui bahwa drone ini memiliki tubuh yang sangat kecil dan ringan sehingga adapun barang yang akan dikirimkan tersebut juga berbobot lebih ringan dari drone tersebut. Pada umumnya untuk sebuah drone dapat membawa atau mengantarkan barang dengan bobot sekitar 500 gram hingga 1 kilo gram saja. Fungsi dari drone tidak hanya itu saja, drone ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengambil potret gambar dengan memanfaatkan fasilitas kamera yang diambil dari ketinggian kemudian juga dapat digunakan untuk pembuatan film.

Saat ini bagi kaum muda, drone tengah populer sebab dapat digunakan untuk memotret gambar atau selfie dari ketinggian serta dapat digunakan untuk merekam suatu kejadian dari ketinggian tersebut. Tentunya hal inilah yang membuat drone semakin dikenal dan tengah menjamur menjadi trend selfie bagi kaum muda. Drone yang digunakan tersebut memanfaatkan remote control dan baterai untuk dapat menunjang aktifitas tersebut.

5 Jenis Drone Kamera

Jenis drone kamera yang pertama ada Syma RC Quadcopter X8G yang jika dilihat dengan sekilas maka desainnya sangat mirip dengan jenis drone terkenal yang ada di industri pembuatan drone. Jenis drone ini mempunyai banyak fitur yang cukup mumpuni namun di banderol dengan harga yang relatif murah dan terjangkau. Drone ini dilengkapi dengan kamera berukuran 5 megapixel dan dapat digunakan untuk mengambil video dengan ukuran kualitas 1080 pixel. Kemudian untuk jenis drone kamera yang kedua ada Wltoys Drones V686G FPV yang mempunyai kamera berukuran 2 megapixel dan dilengkapi dengan fitur pendukung seperti built in. Drone jenis ini dapat terbang selama 8 menit dan jarak terbang yang dimiliki adalah 150 meter.

Kemudian untuk jenis drone kamera yang ketiga ada Cheerson CX 20 yang memiliki fitur GPS sehingga dapat dikontrol dengan sangat mudah dan dapat diterbangkan dengan jarak sekitar 300 meter dengan waktu terbang sekitar 15 menit. Selanjutnya untuk jenis drone kamera yang keempat yaitu ada Parrot AR Drone 2.0 Elite Edition yang dapat dikendalikan dalam jarak 40 meter dan untuk waktu terbangnya adalah 10 menit. Dan untuk jenis drone kamera yang kelima ada Walkera Runner 250 Basic 3 RTF FPV yang dapat terbang dengan jarak 40 km per jam atau 1000 meter. Drone jenis ini telah dibekali dengan kamera built in dengan kualitas HD 800 TVL. Tidak hanya itu saja untuk transmisi video realtime yang dimiliki oleh drone ini dapat dijalankan dengan menggunakan frekuensi sekitar 5,8 GHz. Drone ini dapat terbang selama 12 menit dan memiliki baterai dengan kapasitas 11,1 volt atau 2200 Mah. Itulah 5 jenis dari drone kamera dan masih banyak lagi jenis jenis drone kamera yang dilengkapi dengan berbagai macam spesifikasi dan memiliki keunggulan masing-masing.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai apa itu drone. Kini dengan adanya ulasan di atas tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan teknologi canggih tersebut dan anda pun menjadi lebih paham mengenai fungsi serta kegunaan dari drone itu sendiri. Untuk anda yang ingin membeli drone maka anda juga dapat mengintip review mengenai jenis jenis drone yang juga telah di bahas di atas tersebut. Dengan begitu anda pun dapat membeli jenis drone yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Apabila ingin mendapatkan info mengenai harga drone, dapat mengunjungi link ini untuk mengetahui kisaran harga drone dari lazada.co.id.

apa itu drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *